Buat yang mau coba “Do It yourseft”, boleh liat cara-caranya disini!

Kebetulan Saya mau balik nama kendaraan yang baru dibeli.
Pembelian mobil dilakukan di tahun 2014, tetapi karena pajak habis bulan Juni 2015, maka aku tunggu saja sampai deket bulan2 tersebut.

Yang Pasti waktu melakukan pembelian mobil, wajib minta Kuitansi kosong pembayaran dengan tanda-tangan pemilik pertama.Yang harus disiapkan adalah sbb:

  1. Kuitansi pembelian dengan meterai Rp. 6000 yang diisi harga sesuai harga pasaran. Tanggal diisi jangan lebih dari 2 minggu sebelum melakukan proses balik nama, karena kalau lebih katanya ada denda. (copy 2 kali).
    Nantinya penentuan pajak BBN sesuai harga yang tertera disini atau bisa juga dari harga pasaran kendaraan Agan.
  2. BPKB asli (copy 2kali juga)
  3. Faktur pembelian mobil asli (copy 2kali juga)
    Sebaiknya waktu pendaftaran faktur ini dilepas dan kita perlihatkan saja ke petugasnya, tujuannya agar tidak hilang karena tercecer/lepas.
  4. STNK asli (copy 2kali juga)
  5. KTP asli pemilik baru (copy 2kali juga)
  6. Meterai (buat serep, sapa tau kuitansi hilang dijalan)
  7. Duit, minimal bawa uang sesuai pajak yang tertera di kuitansi dan bawa 1% dari nilai beli kendaraan. Jadi kalau beli dengan harga 100jt. bawa lebih Rp. 1jt
  8. Bolpen, spy jangan mengganggu orang lain

Kebetulan kendaraan yang ane mau BBN tidak perlu cabut berkas (masih 1 daerah dengan pemilik sebelumnya). Kalau kendaraan yang agan beli beda daerah akan perlu waktu untuk cabut berkas dulu, apalagi kalau diluarkota bisa lebih repot lagi…)

Prosesnya sbb:

  1. Kalau bingung cari loketnya tanya bagian informasi aja.
  2. Minta form di loket Form pendaftaran.
  3. Kemudian keluar lagi dan cari petugas untuk Cek Fisik.
    Mau ngasih tip boleh sesuai kerelaan, ngak juga harusnya ngak apa-apa.
  4. Setelah Cek Fisik, daftar ke Loket BBN, Bayar Rp 100.000.
    Lupa biaya ini buat apa, pendaftaran atau apa lah, agak aneh.
  5. Lalu ke loket STNK 5 tahun/BBN dan minta tiket tanda-terima berkas.
  6. Nanti dipanggil ama kasir…, bayar.. segini… dan beres…
  7. Tunggu lagi hingga dipanggil oleh loket sebelahnya. Jadi deh STNK kita dengan nama pemilik baru.
  8. Sebelum ke loket TNKB, copy dulu STNK baru baru kita menuju ke loket TNKB untuk ambil pelat nomor baru juga.
  9. Selesai.

Kurang lebih memakan waktu 1-3 jam, sebetulnya bisa lebih cepat lagi sih…, paling 1 1/2 jam beres…

Semoga membantu